Persija Jakarta Enggan Lepas Ryuji Utomo Ke Klub Jepang Atau Korea Selatan

By ommed


nusakini.com - Manajer Persija Jakarta Bambang Pamungkas, memastikan Ryuji Utomo datang pada putaran kedua Liga 1 2021/22. Meski, pesepakbola berusia 26 tahun tersebut menjadi incaran klub Jepang dan Korea Selatan.

Ryuji saat ini memperkuat Penang FC. Persija memutuskan untuk meminjamkannya ke klub Malaysia tersebut pada akhir Desember tahun lalu, karena ketika itu kompetisi di Tanah Air sedang tidak pasti.

Bersama Penang FC, Ryuji menunjukkan permainan impresif. Ia bermain sebanyak 15 pertandingan yang 13 di antaranya ditunjuk sebagai starter.


Klub Jepang Jubilo Iwata dan kesebelasan Korea Selatan Jeongnam Dragons, dikabarkan tertarik menggunakan jasa Ryuji. Hal tersebut tak lepas dari performa yang ditunjukkannya bersama Penang FC.

Akan tetapi, Persija enggan melepas Ryuji yang masa pinjamannya bersama Penang FC habis pada akhir tahun ini. Macan Kemayoran tetap mau menggunakan bek timnas Indonesia tersebut untuk putaran kedua Liga 1.

"Ryuji adalah sah pemain Persija, setidaknya setahun atau dua tahun ke depan. Artinya jika ada tim lain yang ingin menggunakan jasa Ryuji, maka harus berkomunikasi secara resmi kepada Persija dan itupun tergantung apakah Persija berniat untuk melepas Ryuji atau tidak," kata Bambang.


Tenaga Ryuji, memang dibutuhkan Persija untuk melakoni pertandingan di Liga 1. Sejauh ini klub asal ibu kota tersebut, menunjukkan permainan yang konsisten.

Dari sepuluh pertandingan yang dimainkan, Persija memetik tiga kemenangan, lima imbang, dan dua kalah. Alhasil, untuk sementara pasukan Angelo Alessio itu menempati posisi delapan klasemen mengumpulkan 14 poin.


"Saya pikir sudah dijelaskan bahwa Ryuji akan menjadi pemain yang diproyeksikan untuk putaran kedua. Jadi, itu bisa menjadi gambaran ke arah mana Persija akan mengambil kebijakan berkaitan dengan Ryuji," ucapnya.

"Jadi, dengan situasi saat ini keputusan itu tidak berada di tangan pemain namun di tangan klub mengingat pemain itu masih terikat kontrak dengan Persija."

"Kemudian apakah Ryuji pada putaran kedua gabung Persija? Saya pikir teman-teman sudah tahu jawabannya pada pertemuan sebelumnya dimana ada pak [Mohamad] Prapanca saat itu," ia melanjutkan. (gi/om)